HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG TUNJUNG I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRAYA LOMBOK TENGAH

Endah Sulistiyani

Abstract


Pelayanan keperawatan merupakan pelayanan professional sebagai bagian dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan dituju kepada individu, kelompok atau masyarakat baik sehat maupun sakit. Pelayanan keperawatan di rumah sakit khususnya di rumah sakit umum Daerah Praya di ruang Tunjung 1 belum sesuai dengan standar operasional prosedur yang dibuktikan dengan masih banyaknya pasien maupun keluarga pasien yang komplain akan pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Tunjung I Runah Sakit Umum daerah Praya Lombok Tengah.
Populasi pasien dalam penelitian ini berjumlah 350 orang dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden, sedangkan jumlah populasi untuk perawat sebanyak 16 responden dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 16 sampel, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan uji statistik spearman rank.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pelayanan keperawatan masuk dalam kategori kurang pada pelayanan fisiologis dengan pernyataan mengontrol waktu makan, pertolongan pribadi, dan kebersihan dan kerapian ruangan. Pelayanan keamanan pernyataan yang masuk dalam kategori kurang yaitu menjaga privasi dan membantu pasien. Sedangkan pelayanan perhatian pernyataan yang masuk kategori kurang adalah memberikan motivasi pasien. hasil uji analisa data terdapat hubungan antara pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Tunjung I Rumah Sakit Umum Daerah Praya Lombok tengah dengan rhitung < rtabel (0,053 < 0,05).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah pelayanan keperawatan di ruang Tunjung I RSUD Praya masih terdapat kategori kurang yang ditunjukkan oleh pelayanan fisiologis, kemananan dan perhatian yang belum ada peningakatan pelayanan yang signifikan. Sedangkan kepuasan masih dalam kategori tidak puas yang ditunjukkan oleh tangible, empati dan tanggung jawab yang masih belum ada peningkatan yang signifikan.

Keywords


Pelayanan keperawatan, kepuasan pasien.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v4i1.104

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.