HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI INSTALANSI RAWAT INAP RSUD PATUT PATUH PATJU KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ni Made Sumartyawati

Abstract


Supervisi keperawatan merupakan kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan oleh supervisor, ditujukan untuk mengawasi seluruh staff keperawatan menjalankan tugasnya dengan baik, memperbaiki proses keperawatan yang sedang berlangsung, serta memberikan kepuasan kerja perawat pelaksana yang disupervisi. Kepuasan kerja perawat pelaksana dapat meningkatkan motivasi bekerja perawat lebih baik, sehingga tercapai kualitas.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampling dalam penelitian ini adalah perawat pelaksana yang bertugas di instalansi rawat inap kelas III (IRNA III, IRNA Paru, dan IRNA Anak) RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat sebanyak 30 orang, dengan tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling. Isntrumen yang digunakn adalah lembar kuesioner dan analisa datanya menggunakan Uji Spearman Rank dengan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian diperoleh nilai Pvalue = 0,000 (Pvalue < α), hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan kekuatan hubungan (derajat korelasi) kuat dan arah positif (koefisien rho = 0,623).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi kepala ruang dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat. Rekomendasi yang diajukan dari penelitian ini adalah bagi pihak manajemen rumah sakit untuk dijadikan bahan pertimbangan agar semakin meningkatkanperbaikan sistem manajemen terutama untuk pelaksanaan supervisi.

Keywords


supervisi, kepuasan kerja, perawat pelaksana

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v4i2.105

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.