HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH YANG MENGLAMI TINDAKAN INVASIF DI RUANG ANAK RSUD dr. R. Soedjono SELONG LOMBOK TIMUR

Endah Sulistiyani

Abstract


Populasi anak yang dirawat dirumah sakit mengalami peningkatan yang sangat dramatis, pada bulan oktober sebanyak 97 anak, pada bulan November sebanyak 136 anak, dan pada bulan Desember sebanyak 148 anak. Dimana ada beberapa anak usia sekolah yang dilakukan tindakan invasif tampak mengalami kecemasan. Keluarga dapat memberikan asuhan yang efektif selama hospitalisasi anaknya. Anak akan merasa aman apabila disamping keluarganya, terlebih lagi pada saat menghadapi situasi yang menakutkan seperti dilakukan prosedur invasif.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak usia sekolah yang menjalani hospitalisasi dengan jumlah sampel 57 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan korelasi spearman rank.
Dari hasil uji spearman rank diperoleh ada hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan anak usia sekolah yang mengalami tindakan invasif di Ruang Anak Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Soedjono Selong Lombok Timur, dengan nilai p value 0,000. Hasil analisa tersebut menyatakan bahwa p value < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa apabila dukungan keluarga baik maka pertumbuhan dan perkembangan anak relatif stabil dan kecemasan anak dapat berkurang terhadap hospitalisasi maupun tindakan invasif.

Keywords


Dukungan keluarga, Kecemasan, Anak Usia Sekolah, Tindakan Invasif

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v4i2.108

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.