PENGARUH PEMBERIAN MASASE PUNGGUNG DAN RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI BALAI SOSIAL LANJUT USIA (BSLU) MANDALIKA PROVINSI NTB

Sukardin Ners

Abstract


Pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan upaya kesehatan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk dalam mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh pemberian masase punggung dan relaksai napas dalam terhadap penurunan tekanan darah lansia Hipertensi di Balai Sosial Lanjut Usia (BSLU) Mandalika Provinsi NTB.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Pre Test-Post test with control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah lansia yang mengalami Hipertensi yang berjumlah 10 orang kelompok perlakuan dan 10 orang kelompok kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah sebelum dilakukan pemberian masase punggung dan relaksasi napas dalam kelompok perlakuan berada pada kategori hipertensi ringan dan hipertensi sedang (50%), sedangkan pada kelompok kontrol juga berada pada kategori hipertensi ringan (80%), hipertensi sedang (20%) dan sedangan setelah perlakuan tekanan darah responden kelompok perlakuan Hipertensi ringan (60%), normal tinggi (30%) dan normal (10%) sedangkan pada kelompok kontrol hipertensi ringan (60%), hipertensi sedang (30%), dan normal tinggi (10%) hal ini juga dapat dilihat dari nilai uji analisa didapatkan nilai p value 0,001 dengan taraf signifikan 0,05 maka p value < α sehingga H0 di tolak dan Ha diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah didapatkan bahwa terdapat pengaruh pemberian masase punggung dan relaksasi napas dalam terhadap penurunan tekanan darah. Maka dari itu untuk pemberian masase punggung dan relaksasi napas dalam terhadap perubahan tekanan darah bisa dilaksanakan untuk mengatasi perubahan tekanan darah lansia.

Keywords


Masase Punggung, Relaksasi Napas Dalam, Tekanan Darah, Lansia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nasirin, C. (2010). Peran Strategis Pemerintah Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial. Universitas Brawijaya, Malang.

Nasirin, C., & Hermawan, D. (2017). Kontroversi Implementasi Kebijakan Penenggelaman Kapal Dalam Rangka Pemberantasan Illegal Fishing di Indonesia. Spirit Publik, 12(1), 9-24.

Nasirin, C., & Hermawan, D. (2010). Governance & Civil Society Interaksi Negara dan Peran NGO dalam Proses Pembangunan.

Runkawatt, V., Kerdchuen, K., Tipkanjanaraykha, K., Ubolwan, K., Tawetanawanich, Y., Nasirin, C., & Win, M. L. (2016). Kogan’s Attitude Toward Old People: evaluation of validity and reliability assessment among nursing students in Thailand, Myanmar, and Indonesia. Asian Journal for Public Opinion Research, 3(3), 145-155.

Nasirin, C. Alamsyah.(2010) Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif good governance. Malang.

Nasirin, C. (2009). Penelitian Kualitatif Pendekatan Empiris Bagi Penulis Pemula.

Nasirin, C. (2013). Program pemberdayaan anak-anak terlantar di Nusa Tenggara Barat. Sosiohumaniora, 15(3), 239-252.




DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v4i2.110

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.