PERBEDAAN EFEKTIVITAS ANTARA PEMBERIAN TEPID SPONGE BATH DAN KOMPRES PLESTER TERHADAP PERUBAHAN SUHU TUBUH ANAK BATITA YANG MENGALAMI DEMAM DI RUANG ANAK RSUD dr. R. SOEDJONO SELONG LOMBOK TIMUR

Ageng Abdi Putra

Abstract


Demam adalah suhu tubuh di atas batas normal biasa, dapat di sebabkan oleh zat toksin yang mempengaruhi pusat pengaturan suhu, penyakit-penyakit bakteri, tumor otak atau dehidrasi. Demam bukanlah penyakit, melainkan tanda dari penyakit. Mayoritas penyebab demam pada anak adalah infeksi, baik karena bakteri maupun virus. Perawat sangat berperan untuk mengatasi demam melalui peran mandiri ataupun kolaborasi, seperti tepid sponge bath dan kompres plester.
Penelitian ini dilakukan pada 22 sample yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok tepid sponge bath dan kompres plester dengan menggunakan teknik acidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Pengolahan data menggunakan uji wilcoxon mann-whitney u test.
Hasil uji statistik didapatkan hasil bahwa ada perbedaan efektivitas antara pemberian tepid sponge bath dan kompres plester terhadap perubahan suhu tubuh anak batita yang mengalami demam di ruang anak RSUD dr. R. Soedjono Selong dengan nilai p value<α (0,000<0,05).

Keywords


Kata Kunci :Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan, Defisit Perawatan Diri, Kebutuhan Persiapan Pulang

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v4i2.115

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.