EFEKTIVITAS VITAMIN B6 (PIRIDOKSIN) DAN WEDANG JAHE PADA IBU HAMIL DENGAN EMESIS GRAVIDARUM DI POLINDES TERONG TAWAH KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Eti Sumiati

Abstract


Telah dilakukan penelitian efektivitas vitamin B6 dan wedang jahe pada ibu hamil dengan emesis gravidarum di wilayah kerja Polindes Terong Tawah Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kedua bahan uji yaitu vitamin B6 dan wedang jahe dalam menurunkan emesis gravidarum pada ibu hamil.
Desain penelitian adalah preeksperimen dengan rancangan one group pretest-postest dengan Tekhnik sampling purposive sampling. Total responden sebanyak 30 ibu hamil trimester pertama yang mengalami emesis gravidarum yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen, kelompok I (15 responden) diberikan perlakuan vitamin B6 dan kelompok II (15 responden) diberikan perlakuan wedang jahe. Analisis data menggunakan uji t-test.
Hasil uji statistik menunjukkan perubahan nilai rata-rata tingkat emesis gravidarum yang dialami ibu hamil setelah pemberian vitamin B6 yaitu 3,33 < 6,18 dengan t hitung 8,922 atau p= 0,000 < α = 0,05 dan wedang jahe sebesar 3,51 < 5,88 dengan nilai t hitung 10,721 atau p= 0,000 < α = 0,05 yang artiya terdapat penurunan frekuensi emesis gravidarum pada ibu hamil sehingga vitamin B6 dan wedang jahe memiliki potensi dalam mengurangi emesis gravidarum pada ibu hamil. Nilai t pada kedua perlakuan menunjukan bahwa wedang jahe lebih efektif dalam menurunkan emesis gravidarum pada ibu hamil dibandingkan vitamin B6.

Keywords


Kehamilan, Emesis Gravidarum, Vitamin B6 (Piridoksin), Wedang Jahe

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v4i2.117

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.