PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP PERUBAHAN SKALA NYERI HAID (DISMENOREA) PADA SISWI KELAS X, XI DAN XII MA ASY-SYAFI’IAH BENDUNG DESA KILANG KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2017

Humaediah Lestari

Abstract


Dismenorea merupakan salah satu gangguan menstruasi yang paling sering dialami oleh wanita. Rata-rata lebih dari 50% perempuan di setiap negara mengalami dismenorea. Dismenorea yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, ada yang sedikit terganggu namun ada pula yang sangat terganggu. Penatalaksanaan dimenorea dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan farmakologi dan non farmokologi. Salah satu bentuk penetalaksanaan non farmakologi yang termasuk dalam distraksi audio yaitu dengan menggunakan terapi murottal Al-Qur’an. Terapi ini memiliki efek relaksai, distraksi dan dapat meningkatkan hormon endorphin alami tubuh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap perubahan skala nyeri haid (dismenorea) pada siswi kelas X, XI dan XII MA Asy-Syafi’iah Bendung Desa Kilang Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur tahun 2017.
Populasi dalam penelitan ini yaitu semua siswi MA Asy-Syafi’iah Bendung yang berjumlah 51 orang. Sampel penelitian sebanyak 32 responden yang diambil menggunakan tehnik Acidental sampling. Desain penelitian yang digunakan pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji wilcoxon signed ranks test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan terapi murottal Al-Qur’an responden yang mengatakan nyeri ringan sebanyak 6 responden (18,75%) dan responden yang mengatakan nyeri sedang sebanyak 26 responden (81,25%), kemudian setelah diberikan terapi murottal Al-Qur’an responden yang mengatakan tidak mengalami nyeri haid lagi sebanyak 5 responden (15,625%), responden yang mengatakan nyeri ringan sebanyak 25 responden (78,125%) dan responden yang mengatakan nyeri sedang sebanyak 2 responden (6,25%). Berdasarkan hasil uji wilcoxon signed rank test didapatkan nilai p value < α (0,000<0,05).
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap perubahan skala nyeri haid (dismenorea) pada siswi kelas X, XI dan XII MA Asy-Syafi’iah Bendung, sehingga disarankan menerapkannya untuk mengurangi nyeri haid (dismenorea).

Keywords


Nyeri, Dismenorea, Terapi Murottal Al-Qur’an

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v5i2.150

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.