ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN RESPON TIME PERAWAT DALAM PELAKSANAAN TRIAGE DI IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM

Antoni Eka Fajar Maulana

Abstract


Instalasi Gawat darurat sebagai pintu gerbang utama penanganan kasus gawat darurat di rumah sakit memegang peranan penting dalam upaya penyelamatan hidup klien. Wilde (2009) telah membuktikan secara jelas tentang pentingnya waktu tanggap (respon time) bahkan pada pasien selain penyakit jantung. (Kemenkes,2009). Sistem triase merupakan salah satu penerapan sistem manajemen resiko di Instalasi Gawat Darurat sehingga pasien yang datang mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhannya dengan menggunakan sumberdaya yang tersedia. Penelitian bertujuan untuk menganalisa hubungan tingkat pengetahuan dengan respon time dalam pelaksanaan triage di IGD RSUD Kota Mataram.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat yang terdaftar sebagai perawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram yang berjumlah 27 orang dengan menggunakan total sampling, maka keseluruhan menjadi responden dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS, uji statistic menggunakan uji ANOVA one way didapatkan nilai p value lebih kecil dari nilai α sehingga Ha diterima, n atau jumlah data penelitian adalah sebanyak 27 responden, kemudian nilai sign adalah 0,037 yang berarti nilai p value lebih kecil dari nilai alpha 0,005 (p<α) sehingga Ha diterima, sebagaimana dasar pengambilan keputusan diatas maka ada hubungan tingkat pengetahuan perawat terhadap respon time perawat dalam melaksanakan triage di IGD RSUD Kota Mataram tahun 2019.

Keywords


Analisis hubungan, triage

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v5i2.157

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.