PENGARUH PENERAPAN FAMILY CENTERED CARE TERHADAP PELAKSANAAN PERSONAL HYGIENE (MEMANDIKAN)

Ageng Abdi Putra

Abstract


Kebersihan sangat penting bagi setiap individu. Jika sedang sakit atau dirawat di rumah sakit, kebersihan diri seseorang sering kali terabaikan. Berdasarkan kondisi tersebut saat ini dicanangkan sistem pelayanan yang berpusat pada pasien dan keluarga (patien and family centered care) untuk meningkatkan mutu pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan family centered care terhadap pelaksanaan personal hygiene (memandikan) di ruang rawat inap anak RSUD Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat.
Desain penelitian ini adalah pra-eksperimen (one group pretest and post test) dengan jumlah populasi 74 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan tehnik accidental sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 46 orang. Pengambilan data mengunakan lembar observasi (SPO memandikan pasien dirumah sakit). Analisa data menggunakan uji wilcoxon signed ranks test.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan personal hygiene sebelum penerapan family centered care dalam katageri Cukup 11 orang responden dan Kurang 35 orang responden, setelah pelaksanaan personal hygiene terdapat peningkatan keberhasilan yakni tergolong dalam katageri Baik 7 orang responden, katagori Cukup 28 orang responden dan Kurang 11 orang responden.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan family centered careter hadap pelaksanaan personal hygiene (memandikan) di Ruang Irna Anak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat juga adanya peningkatan keberhasilan orang tua dari sebelum penerapan family centered care dengan setelah penerapan family centered care tentang personal hygien (memandikan) anaknya selama berada di RS. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan orang tua menjadi lebih mandiri dan berani ikut serta dalam perawatan anaknya saat sakit, juga dapat menjadi masukan maupun informasi tambahan untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan.


Keywords


Family center care, Personal Hygiene, Memandikan Pasien

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v6i1.168

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.