KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KINERJA PERAWAT KLINIS

Ageng Abdi Putra

Abstract


Dokumentasi keperawatan merupakan salah satu aspek yang dapat kita lihat untuk menilai kinerja dari seorang perawat. Melalui dokumentasi keperawatan akan dapat dilihat sejauhmana peran dan fungsi perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien. Ketidakpatuhan perawat dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan bisa mengakibatkan risiko tinggi terjadinya kesalahan dalam pemberian asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelengkapan pedokumentasian asuhan keperawatan dengan kinerja perawat klinis di ruang instalasi rawat inap (Irna) Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju Lombok Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian correlational dengan pendekatan cross-sectional. Populasinya adalah seluruh perawat klinis instalasi rawat inap RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat. Sampel sebanyak 70 orang dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Spearman Rank.
Hasil penelitian Kelengkapan dokumentasi keperawatan di ruang IRNA RSUD Patut Patju Lombok Barat terbanyak dalam kategori Cukup sebesar 48,6%. Kinerja Perawat Klinis di ruang IRNA RSUD Patut Patju Lombok Barat terbanyak kategori Cukup sebesar 54,3%. Ada hubungan yang kuat antara kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan dengan kinerja perawat klinis dengan nilai 𝜌 value 0,000 dan nilai Correlation Coefficient 0,768.
Untuk meningkatkan kinerja perawat dalam melakukan dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap (IRNA) Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju Lombok Barat perlu dilakukan evaluasi secara rutin pada perawat klinis untuk mengetahui kinerja dalam melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan.


Keywords


Dokumentas, Asuhan Keperawatan, Perawat klinis

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v6i2.187

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.