HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN LAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BPJS KESEHATAN DI IRNA 3 RSUD PATUT PATUH PATJU LOMBOK BARAT

Citra Sepriana

Abstract


Perilaku caring merupakan fenomena universal yang mempengaruhi cara manusia berpikir, merasa dan mempunyai hubungan dengan sesama. Seorang perawat harus memiliki perilaku caring dalam pelayanannya terhadap pasien, karena hubungan antara pemberi pelayanan kesehatan dengan pasien merupakan faktor yang mempengaruhi proses kepuasan dan kesembuhan pasien tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan layanan keperawatan pada pasien BPJS kesehatan di IRNA 3 RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat.
Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional, instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 responden pasien BPJS, dengan menggunakan tekhnik purposive sampling serta menggunakan uji statistik spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan layanan keperawatan pada pasien BPJS kesehatan di IRNA 3 RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat.
Jika perilaku caring perawat diruang IRNA 3 RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat tinggi maka kepuasan layanan keperawatan yang diterima oleh pasien merasa puas dan begitu sebaliknya apabila perilaku caring perawat pasien kurang baik maka pasien akan merasa kurang merasa dilayani sehingga pasien merasa tidak puas.


Keywords


Perilaku Caring, Layanan Keperawatan, Pasien BPJS kesehatan

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v6i2.189

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.