Hubungan Tingkat Pengetahuan Lansia Tentang Covid-19 fengan Kepatuhan Protokol Kesehatan di Desa Madaprama Kecematan Woja Kabupaten Dompu

Eva Marvia, Sukardin Sukardin, Nia Firdianty, Budiman Budiman

Abstract


Berdasarkan Data WHO,di kawasan Asia Tenggara Populasi lansia sebesar 8% atau sekitar 142 juta jiwa. Di Indonesia, Badan pusat Statistik (BPS) melaporkan terdapat 29,3 juta Penduduk lanjut usia (Lansia) di Indonesia pada tahun 2021, angka ini setara dengan 10,82% dari total mpenduduk Indonesia. di NTB usia lanjut di atas 60 tahun sebanyak 446.264. Jumlah lansia di Kabupaten Dompu sebanyak 18.583 lansia (Dikes NTB 2022) . Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui Hubungan tingkat pengetahuan lansia tentang covid-19 dengan kepatuhan protokol kesehatan Lansia Di desa Madaprama Kecematan Woja Kabupaten Dompu.

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 lansia yang terdapat di 8 Dusun Desa Madaprama Kecematan Woja Kabupaten Dompu. Desain penelitian yang dilakukan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional, pemilihan sampel dengan cara Purposive Sampling, dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian sebanyak 59 responden.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tidak ada hubungan pengetahuanlansia tentang covid-19 dengan kepatuhan protokol kesehatan di Desa Madaprama Kecematan Woja Kabupaten Dompu. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan nilai P=0,95 (nilai P > 0,05). Nilai P > 0,05, dengan demikian maka Ho di terima.

Kesimpulan dalam penelitian ini tingkat pengetahuan lansia tentang covid-19 dengan kepatuhan protokol kesehatan  di Desa Madaprama Kecematan Woja Kabupaten Dompu tidak terdapat hubungan.

Kata kunci: Lansia,  Pengetahuan, Kepatuhan, Protokol Kesehatan

 

 

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v8i2.327

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.