PENGARUH PEMBERIAN JUS MUNTINGIA CALABURA (KERSEN) TERHADAP PERUBAHAN KADAR ASAM URAT PADA LANSIA DENGAN ARTHRITIS DI BSLU MATARAM

Febriati Astuti

Abstract


Penuaan merupakan proses fisiologis dalam kehidupan dengan gambaran sebagai kondisi yang mengalami penurunan daya tahan dan fungsi tubuh sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial ekonomis. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh lansia adalah penyakit asam urat. Asam urat adalah hasil dari metabolisme tubuh oleh salah satu protein (purin) dalam ginjal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian jus Muntingia Calabura (kersen) terhadap perubahan kadar asam urat pada lansia dengan arthritis di BSLU Mataram.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua lansia di BSLU Mataram sebanyak 76 responden dan jumlah sampel sebanyak 24 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Rancangan penelitian menggunakan Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Pre test – Post test with control group design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan alat UASure. Pengolahan data menggunakan Mann Whitney.
Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan pemberian jus Muntingia calabura, kadar asam urat lansia baik pada kelompok kontrol maupun perlakuan berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dengan kategori normal sebanyak 5 orang (42%) dan kategori tinggi sebanyak 7 orang (58%), sedangkan pada kelompok perlakuan dengan kategori normal sebanyak 9 orang (75%) dan kategori tinggi sebanyak 3 orang (25%).
Berdasarkan analisa uji statistik Mann Whitney didapatkan nilai p value 0,817 > 0,05. Nilai tersebut berpengaruh terhadap penolakan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian jus Muntingia Calabura (Kersen) terhadap perubahan kadar asam urat.

Keywords


Muntingia Calabura, Asam Urat, Lansia

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.47506/jpri.v3i2.86

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.